Sedikit Tentang “Deru Tjampur Debu”

by panduubaguss

Siapa yang tidak tahu Chairil Anwar?, semua pasti tahu ia seorang pelopor angkatan 45′ dan puisi modern Indonesia. Faktanya, hampir semua tulisan-tulisannya merujuk pada kematian. Tulisan-tulisannya beredar di atas kertas murah selama masa pendudukan jepang dan tidak ditebitkan hingga tahun 45′.

Semua tulisannya yang asli, modifikasi, atau yang diduga diciplak dikompilasi dalam tiga buku, salah satunya adalah yang berjudul “Deru Tjampur Debu”.

Deru Tjampur Debu adalah buku antologi atau kumpulan puisi dari Chairil Anwar. Buku ini pertama kali diterbitkan oleh PT Pembangunan Jakarta pada tahun 1949. Terakhir, buku ini diterbitkan oleh Dian Rakyat Jakarta pada tahun 2008.

cover deru tjampur debu

Isi buku ini berupa 45 judul puisi yang mencerminkan perjuangan tak pernah padam dan terus membahana dalam perjalanan waktu. Karya-karyanya ditulis akibat dorongan semangat perjuangan melawan kaum penjajah, baik Belanda dengan tentara Sekutu maupun Jepang yang menjajah bangsa Indonesia.

Walaupun sang penulis telah pergi, kita masih bisa menikmati karya-karyanya di masa sekarang, dan tentu banyak yang menyukai karya-karyanya.. 🙂

Advertisements