Mencoba Memahami Makna Lirik Lagu “Desember – Efek Rumah Kaca”

by panduubaguss

Sekilas lirik lagu Desember oleh Efek Rumah Kaca ini terlihat seperti menceritakan euforia kesenangan dan kebahagiaan tersendiri akan datangnya hujan dengan intensitas besar pada bulan Desember. Sekilas juga terlihat menceritakan mengenai penantian seseorang yang begitu menrindukan kekasih atau orang dicintainya yang diibaratkan pelangi yang menunggu hujan reda pada lirik lagu terebut. Banyak berbagai sudut pandang dan prespektif yang berbeda-beda dengan kacamata yang berbeda pula untuk memahami makna lirik lagu ini. Lalu, apakah makna sebenarnya yang terkandung di dalam lagu Desember ini?

Menurut saya, arti dalam lagu Desember ini adalah menceritakan dua kejadian sebab-akibat dengan kondisi yang berlawanan yang menjadi fenomena global saat ini. Kejadian yang pertama, dengan datangnya hujan pada bulan Desember memberikan berkah bagi petani kita dengan kondisi kekeringan yang dialami sehingga berakibat tiada lagi masa-masa kekeringan berkepanjangan.

Sedangkan kejadian yang kedua adalah datangnya hujan di bulan Desember memberikan kesedihan dan kesusahan bagi mereka yang dilanda bencana banjir sehingga berakibat memunculkan duka dan lara bagi mereka yang terkena musibah.

Dasar saya mengatakan kalau makna dari lagu Desember ini menceritakan dua kejadian yang berbeda adalah adanya adanya perbedaan karakter yang disampaikan tentang hujan bulan Desember, yaitu Suka dan Tidak Suka. Suka saat hujan bulan Desember atau menenanti hujan segera berhenti dan reda.

Pemahanan saya tentang makna lagu ini bisa saja berbeda dengan pemahanan teman-teman sekalipun pencipata lagu aslinya 😀

Ini loh lirik lagu Desember oleh Efek Rumah Kaca

DESEMBER
Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi
Dibalik awan hitam
Semoga ada yang menerangi sisi gelap ini,
Menanti..
Seperti pelangi setia menunggu hujan reda

Aku selalu suka sehabis hujan dibulan Desember,
Di bulan Desember

Sampai nanti ketika hujan tak lagi
Meneteskan duka meretas luka
Sampai hujan memulihkan luka

Advertisements